Catat! 7 Tips Penting Melamar Kerja di Perusahaan BUMN

tips melamar kerja

Banyak anak muda di Indonesia yang ingin bekerja di perusahaan BUMN. Berikut ini ada 7 tips penting dalam melamar kerja di perusahaan BUMN.

Sebenarnya, untuk bekerja di perusahaan BUMN sangat kecil persentase yang diterima, BUMN merupakan salah satu perusahaan yang sulit untuk ditembus di kalangan para pelamar. Meskipun sulit, bukan berarti kamu tidak bisa mencoba, yuk simak berikut tips melamar pekerjaan di perusahaan BUMN:

1. Update informasi

Selalu update informasi tentang lowongan kerja BUMN dan selalu update perusahaan mana yang dibuka, klasifikasinya, serta dokumen apa saja yang dibutuhkan.

2. Curriculum Vitae (CV)

Buatlah CV sebagus mungkin dengan keterangan informasi diri dengan jelas dan mudah dimengerti dan jangan lupa cantumkan juga pengalaman kerja atau organisasi sesuai dengan posisi yang ingin kamu lamar.

3. Sertifikat tes bahasa

Mempunyai sertifikat keahlian bahasa Inggris juga sangat dibutuhkan di perusahaan tersebut dan menjadi nilai plus untuk perusahaan mempertimbangkan bagi pelamar. Bisa seperti sertifikat TOEFL atau IELTS. Untuk mendapatkan sertifikat nya kamu memakan waktu sekitar 1-2 minggu. Alangkah baiknya kamu mempersiapkan semuanya dari jauh hari.

4. Pelajari BUMN yang dituju

Carilah informasi dan mengidentifikasi perusahaan BUMN yang kamu inginkan supaya nanti kamu sebagai pelamar sudah siap bekerja di perusahaan tersebut.

5. Siapkan badan untuk tes kesehatan

Hasil dari tes kesehatan juga sangat mempengaruhi untuk syarat masuk di perusahaan BUMN. Apakah kamu layak untuk diterima di perusahaan tersebut? 

Hindarilah rokok, minuman beralkohol dan makanan yang tidak sehat agar hasil tes kesehatan kamu sesuai dengan yang diharapkan.

6. Menjadi diri sendiri

Ketika kamu di tahap wawancara berilah keterangan sesuai faktanya jangan menambah-nambahkan pengalaman tentang dirimu sendiri. Berikanlah jawaban serta penjelasan yang mudah dimengerti.

7. Cari kesempatan magang

Nah, untuk kamu yang masuk jalur Fresh Graduate lebih baik cari pengalaman magang dulu, meskipun tidak di dapat di perusahaan BUMN, cobalah di perusahaan lain sesuai yang kamu inginkan. Setidaknya, kamu sudah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain.

SUMBEROkezone
Artikel Sebelumnya4 Ciri Akun Bank Palsu di Media Sosial dan Cara Menghindarinya
Artikel SelanjutnyaCara Screenshot Samsung Galaxy A33 dengan atau Tanpa Tombol