Kamu Suka Overthinking? Ini 4 Tips untuk Mengatasinya

Overthinking

Di saat kamu sedang punya banyak masalah di kehidupan sehari-hari dan itu membuat kamu pusing dan menjadi overthinking.

Overthinking bisa menimbulkan rasa khawatir yang berlebihan sehingga bisa membuat seseorang jadi lumpuh dan sakit kepala akibat overthinking.

Dilansir Time of India, kita diharuskan untuk belajar mengendalikan overthinking agar tidak menimbulkan penyakit terhadap diri sendiri. Berikut ini cara untuk menghentikan kamu dari overthinking.

1. Bertanya pada diri sendiri apakah overthinking itu produktif

Memaksakan otakmu untuk berpikir mencari solusinya itu akan membuat otak kamu memetakan rencana yang sangat berguna, tetapi banyak berpikir mencari ide sama juga dapat melumpuhkan pikiran kamu.

Lalu, cobalah tanyakan kepada diri kamu sendiri, apakah overthinking itu produktif?

2. Cobalah alihkan perhatian Kamu ke hal-hal yang lebih penting

Mulailah melakukan kegiatan hal-hal yang positif, daripada kamu melamun dengan pemikiran yang tidak bermanfaat dan membuat kamu jadi overthinking, maka alihkan dengan kegiatan yang produktif.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga itu juga akan membuat kamu jadi lebih rileks. Tetapi jangan habiskan waktumu dengan teman-teman yang membuatmu overthinking

3. Aturlah pernapasan dalam atau bermeditasi

Sebenarnya, yang dibutuhkan cuma mengatur pernapasan dalam dan meditasi. Banyak pikiran secara berlebihan itu akan membuat kamu menderita. Cobalah tarik nafas dalam-dalam lalu buang secara perlahan dan berpikir tidak akan terjadi apa-apa.

Cobalah terapkan cara ini kamu akan merasa lebih tenang dan siap untuk mengatasi masalah. Mulailah berpikir positif dan tidak terlalu memikirkan hal-hal yang menimbulkan penyakit.

4. Meminta solusi dari orang terdekat

Terkadang solusi terbaik untuk tidak overthinking adalah mencoba menceritakan semua yang menjadi beban pikiranmu terhadap orang terdekat atau orang yang kamu percaya.

Bercerita tentang apa yang sedang kamu rasakan terhadap orang-orang terdekat itu akan membuat perasaanmu menjadi lega dan sedikit lebih ringan. Bahkan terkadang kamu bisa mendapatkan masukan atau solusi dari orang-orang sekitar.

Artikel SebelumnyaCara Menggoreng Ikan Tanpa Kecipratan Minyak
Artikel Selanjutnya4 Ciri Akun Bank Palsu di Media Sosial dan Cara Menghindarinya