Cara Menggoreng Ikan Tanpa Kecipratan Minyak

Cara Menggoreng Ikan Tanpa Kecipratan Minyak

Kebanyakan orang malas menggoreng ikan dikarenakan menggoreng ikan cenderung menimbulkan cipratan minyak panas lebih banyak. Nah, ini cara menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak saat menggoreng.

Menggoreng adalah salah satu metode memasak yang paling praktis dan membuat bahan pangan menjadi lezat dengan waktu yang singkat.

Namun, ada beberapa tips untuk meminimalisir agar tidak terkena cipratan minyak saat menggoreng ikan. Berikut cara menggoreng ikan agar tidak kecipratan minyak panas saat menggoreng.

1. Keringkan ikan

Biasanya ikan yang sudah di bersihkan akan cenderung menjadi basah, ada juga sebagian orang merendam ikan dengan larutan air yang sudah di berikan bumbu.

Untuk menghindari cipratan minyak kamu sebaiknya tiriskan ikan nya terlebih dahulu, kemudian goreng setelah ikan tidak terlalu basah.

2. Tutup wajan penggoregan

Walaupun sudah ditiriskan, cipratan minyak biasanya tetap ada. Untuk menghindari cipratan minyak, kamu bisa tutup wajan saat proses penggorengan.

Kemudian kamu atur api kompor di tingkat sedang agar bagian luar ikan tidak cepat kering dan gosong sementara bagian dalam belum matang. Saat menggoreng jangan lupa pindah juga kesisi lainnya agar ikan matang merata.

3. Minyak cukup untuk menutup setengah badan ikan

Minyak goreng sekarang lagi mahal banyak orang menggoreng dengan porsi minyak yang sedikit dan itu merupakan salah satu hal yang membuat cipratan minyak jadi lebih banyak.

Banyaknya minyak saat menggoreng juga berpengaruh untuk mencegah letupan dan ikan matang merata. Jika ketersediaan minyak tidak banyak kamu bisa gunakan wajan yang lebih kecil dengan cara menggoreng ikan lebih sedikit atau satu persatu.

4. Baluri dengan tepung

Membaluri ikan dengan tepung juga tips yang sangat bagus selain untuk menghindari cipratan minyak juga bisa memberikan tekstur ikan jadi renyah.

Selain itu, bisa juga dengan cara tepung di taburkan menjelang ikan masuk ke minyak panas sehingga tepung akan menyerap air dan mencegah letupan dari minyak panas.

5. Goreng dengan suhu sedang

Terakhir, cukup mengatur api kompor ke tingkat sedang agar minyak tidak terlalu panas dan sebaiknya masukan ikan di saat minyak tidak terlalu panas.

Minyak yang terlalu panas biasanya akan muncul asap dari dalam wajan. Setelah minyak cukup panasa, masukkan ikan ke dalam wajan mulai dari bagian tepi wajan secara perlahan.

Artikel SebelumnyaIni Dia 3 Aplikasi Penghitung Kalori Saat Diet!
Artikel SelanjutnyaKamu Suka Overthinking? Ini 4 Tips untuk Mengatasinya